Tempat Wisata di Garut Buka Selama Libur Nataru, Pemda Perketat Prokes

oleh -33 Dilihat
Kabar Garut,-Garut -Pemda Garut memastikan tidak ada hotel dan tempat wisata yang ditutup saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021. Kendati demikian, tim pemantau protokol kesehatan akan disiagakan untuk memantau kondisi.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, okupansi hotel jelang Nataru di Garut sudah 100 persen. Bahkan, kata Rudy, hotel-hotel di Garut sudah full booking.

“Okupansi ini sudah 100 persen, full Garut ini,” ujar Rudy kepada wartawan, Jumat (24/12/2021).

Rudy mengatakan, pihaknya mengacu pada aturan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat terkait libur Nataru. Tempat wisata, hotel hingga restoran diperbolehkan untuk buka.

Pemda meminta agar para pengelola memasang aplikasi Peduli Lindungi. Sebab, Pemda Garut akan melakukan pemantauan potensi keramaian dari alat tersebut.

“Ini tinggal nanti Peduli Lindungi harus ada. Nanti ada pengecekan, satu dua hari ini nanti dari pihak Satpol PP, penegak Perda, dibantu TNI-Polri akan melakukan pengecekan terhadap aplikasi Peduli Lindungi di masing-masing tempat. Pokoknya, kita lakukan seperti itu,” ungkap Rudy.

Jajaran Forkopimda Garut sendiri mengerahkan seribuan personel gabungan untuk mengamankan jalannya Nataru. Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan, personel gabungan berasal dari lintas institusi.

“Total personel yang dikerahkan ada 904 personel Polri. Ditambah dengan 500 itu dari unsur TNI, Satpol PP, Dishub dan instansi terkait dan komunitas masyarakat ikut membantu,” ujar Wirdhanto.

Dalam proses pemantauan keramaian di tempat wisata, pihak kepolisian akan ikut membantu Satpol PP untuk melaksanakan patroli ke tempat wisata, hotel dan tempat lain yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Kita akan mendirikan total ada 13 pos baik itu pos terpadu, pos pengamanan, atau juga pos pelayanan,” kata Wirdhanto.

“Meskipun begitu, kami tetap imbau masyarakat untuk merayakan Nataru ini sebisa mungkin dengan keluarga saja di rumah, tidak melakukan mudik. Supaya kita bisa mempertahankan angka COVID-19 kita di Garut yang saat ini cukup baik,” tutup Wirdhanto.

Baca artikel detiknews, “Tempat Wisata di Garut Buka Selama Libur Nataru, Pemda Perketat Prokes” selengkapnya

No More Posts Available.

No more pages to load.